5 Fakta Novita Hotel yang Alami Kebakaran Dahsyat Di Jambi

kebakaran hotel novita jambi

5 Fakta Novita Hotel yang Alami Kebakaran Dahsyat Di Jambi

Kebakaran hebat yang melanda Novita Hotel yang berlokasi di jalur Gatot Subroto, Kecamatan Pasar hotel novita jambi kebakaran, Kota Jambi, Senin lebih kurang pukul 06.00 WIB pagi kemarin, menyimpan banyak cerita.

Hotel yang sudah berusia 21 th. ini berdiri pada th. 1996, tepatnya tanggal 29 September, PT TIRTA MAS JAYA mendirikan sebuah Hotel Berbintang 4 di atas tanah seluas 70 X 100 M2.

Dengan menggandeng Chain Hotel ACCOR International sebagai keliru satu leading Business Hotel Management, berdirilah dengan bangga NOVOTEL JAMBI (Nama pada mulanya Novita Hotel), yang menjadi land mark dan leading Hotel di kota Jambi.

Kebakaran belasan jam menghanguskan Novita Hotel Jambi, Kota Jambi.Selain armada Damkar Kota Jambi, mobil water novita hotel cannon Polda Jambi terhitung diperbantukan untuk pemadaman.

Kini kejayaan itu tampaknya harus redup dengan ragam terpaan musibah yang di terima Novita Hotel.Banyak yang dapat diketahui lewat 5 fakta mencengangkan yang disatukan bakal Novita Hotel.Berikut fakta-faktanya:

1. Bekas Penjara

Ada misteri di ‘bawah’ bangunan Novita Hotel Jambi. Sebenarnya, ada catatan peristiwa menarik, jauh sebelum bangunan bertingkat di pusat perdagangan Kota Jambi itu.Tidak banyak yang mengetahuinya. Cerita hotel jambi itu di mulai 85 tahun lalu.Pada 1930, Pemerintah Belanda membangun gedung strafgevangenis (penjara dalam bhs Belanda) untuk menghukum pencuri, rampok dan pedagang karet ilegal.

Beberapa gedung penjara dibangun di kawasan Kampung Encelek, Kampung Manggis dan tempat Pasar.Kawasan itu berada di lebih kurang Jalan Gatot Subroto Nomor 44, Kota Jambi.Jadi yang yang merampok, menjual karet tidak lewat Belanda terhitung ditangkap dan dimasukin ke sana,” kata Junaidi T Noor, Sejarawan Jambi, kepada wartawan, lebih dari satu selagi lalu.

Setelah 10 th. bangunan itu berdiri, kejahatan di Jambi meningkat.Belanda memperbesar apalagi menambah bangunan gedung. Belanda mereka terhitung menambah jumlah militer (polisi).Setiap kawedanan hotel novita jambi kebakaran itu ada polisinya, dan selagi itu yang menjadi Wedono merangkap sebagai kepala polisi di daerahnya,” kata Junaidi.
Sejarah gedung strafgevangenis di mulai O.L.Helfrich, seorang Belanda yang dikenal sebagai residen pertama di Jambi.

Pada 1906, Jambi merupakan produsen lada yang lumayan besar dalam perdagangan dunia. Luas kebunnya ribuan hektare.Namun dari kepala Helfrich muncul gagasan untuk pengaruhi perkebunan lada menjadi perkebunan karet.Dia memicu sektor pembibitan pohon karet di Pondok Meja, Sarolangun dan Tebo.
Jutaan pohon karet yang disiapkan untuk menggantikan ribuan hektar kebun lada.Bibit itu dibagikan geratis pada masyarakat. Pokoknya yang mau nanam karet, kasih. Main kasih-kasih gitu bae,” kata penulis buku Jambi Dalam Sejarah.

2. Mulai Berdirinya Hotel dengan Nama Novotel

Pada th. 1996, tepatnya tanggal 29 September, PT TIRTA MAS JAYA mendirikan sebuah Hotel Berbintang 4 di atas tanah seluas 70 X 100 M2.
Novita Hotel Dengan menggandeng Chain Hotel ACCOR International sebagai keliru satu leading Business Hotel Management, berdirilah hotel bintang 4 di jambi dengan bangga NOVOTEL JAMBI, yang menjadi land mark dan leading Hotel di kota Jambi.Ya, pada mulanya hotel ini bernama Novotel. Dengan mengutamakan kenyamanan dan service kepada pelanggan-pelanggan, Novotel Jambi sediakan 148 kamar dengan bermacam tipe dan terhitung layanan lainnya seperti :

  • Ballroom dan Meeting Room
  • Fitness Center dan Swimming Pool
  • Restaurant 24 Jam
  • Lounge dan Bar
  • Karaoke dan Diskotik
  • Pastry Shop
  • Business Center dan Drug Store

Seiiring dengan selagi dan terusnya permohonan tamu-tamu kami, terutama layanan hiburan, maka pada th. 1998, kamar-kamar lantai 5 secara resmi di tutup dan dialihkan menjadi karaoke VVIP room dan menjadikan total kamar beralih menjadi 126 kamar.Berubah nama menjadi Novita Hotel.Setelah 14 th. berhimpun dengan Accor Group, banyak belajar dan matang dalam pengelolaan hotel management, maka secara resmi pada tanggal 30 May 2010 melepaskan diri dari Accor Group Management.

Dengan bangga kami sampaikan bahwa novotel Jambi sudah beri tambahan peluang kerja dan terus belajar bagi kami sebagai karyawan, dan kami sebagai Putra Putri Daerah Jambi terhitung terasa bangga sudah membawa nama Hotel ini kepada International Hospitality Industry Networks. Setelah kami melepaskan diri dari Novotel/Accor Group, kami dengan bangga tanpa mengurangi rasa profesionalisme serta selalu mengutamakan kenyamanan dan service bagi tamu-tamu kami, maka kami mengganti nama menjadi NOVITA HOTEL.

3. Tempat Menginap Presiden RI Era Susilo Bambang Yudhoyono

Kejayaan Novita Hotel pun dulunya terbilang mumpuni, terang saja. Pejabat sampai orang-orang perlu di negara ini sempat lebih dari satu kali menginap dan menggelar acara di hotel tersebut.Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam program Rosi di Kompas TV (Kompas TV)
Hotel bintang 4 itu mulanya bernama Novotel dan resmi berdiri pada 29 September 1996.Saat itu, hotel yang berdiri di tanah seluas 70 x 100 mtr. persegi itu merupakan yang termewah sekaligus terbesar di Jambi.

Baca Juga : Airy Rooms jadi Airy Indonesia

4. Lokasi Kasus Penistaan Agama

Internet sempat dikejutkan oleh bermacam posting-an di sosial fasilitas Facebook berkenaan dugaan penistaan agama.Kasus penistaan ini berlangsung di sebuah hotel. Lebih tepatnya di Novita Hotel di Jambi.Dalam sebuah laman Facebook bernama Rahmat Kamaruddin, diketahui manajemen Hotel Novita memeriahkan situasi natal dengan memicu ornamen pohon natal dan gereja. Akan tetapi, terkandung lafadz Allah yang terdapat pada posisi yang tidak tepat.

Dalam account berikut terhitung disebutkan bagaimana Wali Kota dan Gubernur Jambi apalagi ikut mengurus masalah ini.
Dalam ornamen yang berbentuk susunan batu berikut terkandung lafadz Allah. Hal tersebutlah yang memancing kekesalan warga Muslim di lebih kurang hotel dan sempat menghebohkan Kota Jambi.

5. Kebakaran Besar nan Dahsyat Menghanguskan Bangunan Hotel

Kebakaran dahsyat yang melalap gedung Novita Hotel, kemarin Senin (9/4/2018) memicu heboh masyarakat Jambi.Terang saja, hotel yang berada di bilangan Gatot Subroto berikut merupakan hotel mewah dan terkenal di Jambi.Kebakaran belasan jam menghanguskan Novita Hotel Jambi, Kota Jambi, Senin (9/4). Selain armada Damkar Kota Jambi, mobil water cannon Polda Jambi terhitung diperbantukan untuk pemadaman.warga Jalan Bafadal heboh dengan asap yang membumbung tinggi di rooftop Hotel Novita.Adi, warga yang tinggal dekat Hotel Novita, mengatakan berlangsung kebakaran di suatu ruangan hotel tersebut.

error: Content is protected !!